Bacabup Alor Pemeriksa Kesehatan

KALABAHI, PK -- Empat pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah mendaftarkan diri ke KPUD Alor, sejak hari Selasa (5/8/2008) kemarin, menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalabahi. Pemeriksaan kesehatan merupakan tahapan setelah tahapan pendaftaran calon yang telah ditutup Minggu (3/8/2008).

Pasangan yang mendapat kesempatan pertama menjalani pemeriksaan kesehatan adalah Drs. Amon Djobo dan Taufik Nampira, SP, MM (Paket Amanat). Paket Amanat tiba di RSUD Kalabahi pada pukul 07.30 Wita, diterima Direktris RSUD Kalabahi, Flora Sy. Gorangmau dan Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Alor, Drs. Nikodemus St. Turwewi.

Selanjutnya, Amon Djobo dan Taufik Nampira diarahkan ke ruang VVIP untuk menjalani pemeriksaan oleh tim dokter dibantu tenaga medis yang telah siap. Pemeriksaan berakhir sekitar pukul 11.00 Wita.

Seusai pemeriksaan, Flora Gorangmau menjelaskan, pemeriksaan pasangan calon bupati dan wakil bupati telah diatur sehingga pelaksanaannya tidak serentak. Setiap pasangan dialokasikan waktu sehari. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan khusus.

Flora menjelaskan, pemeriksaan dilakukan secara komprehensif, mulai dari anamnese dan analisa riwayat kesehatan, kemudian juga dilakukan pemeriksaan psikis, dan jasmani yaitu jantung, pembuluh darah, paru-paru, ginjal, syaraf, mata, hidung, telinga dan tenggorokan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan sampel darah dan urine pada laboratorium.

Mengenai hasilnya, Flora mengatakan, akan diserahkan kepada KPUD Alor sesuai MoU antara RSUD dan KPUD Alor. "Kewenangan rumah sakit hanya sebatas melakukan pemeriksaan," katanya.

Flora juga menyebutkan, pada Rabu (6/8/2008) giliran Paket Amal (Drs. Aba Maulaka-John F. Laukuan, BA) menjalani pemeriksaan kesehatan, sedangkan pada Kamis (7/8) dan Jumat (8/8) adalah giliran Paket Imago (Drs. Imanuel Blegur, MSi-Godlief Sirituka, Bc.Kn) dan Paket Simpati (Drs. Simeon Th. Pally-Drs. Yusran Tahir).

Sementara itu, di Sekretariat KPUD Alor mulai dilakukan verifikasi administrasi berkas pasangan calon oleh Pokja pencalonan. Pokja pencalonan terrdiri dari anggota KPUD, staf Sekretariat KPUD, dan sejumlah wakil dari instansi pemerintah. Kegiatan verifikasi tahap pertama berlangsung selama seminggu.

Ditemui terpisah, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Alor, Viktor Irianto Imang mengatakan, pemerintah mengharapkan KPUD Alor dapat menjaga ketepatan pelaksanaan Pilkada sesuai jadwal yang sudah ditetapkannya. (oma)

Pos Kupang edisi 6 Agustus 2008, halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes